5 Jurusan yang Paling Dicari di Masa Depan, Ada Incaranmu?

5 Jurusan yang Paling Dicari di Masa Depan, Ada Incaranmu?

Jakarta. Detik.com – Jurusan kuliah bisa menjadi salah satu pertimbangan pijakan karier di masa depan. Perusahaan akan melirik kompetisi yang kamu miliki dengan posisi yang mereka cari.
Di era digital, pekerjaan yang dicari tak sama dengan masa dahulu. Pekerjaan yang dibuka akan berkaitan dengan teknologi dan komunikasi mengikuti perkembangan zaman. Jika tidak mampu beradaptasi, pekerjaan itu akan hilang. Namun, meski perubahan terjadi tetap ada lho! beberapa jenis pekerjaan yang akan terus dibutuhkan di masa depan. Apa saja jurusan kuliah yang lulusannya pasti dicari di masa depan? Simak daftarnya dikutip dari situs Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

5 Jurusan yang Paling Dicari di Masa Depan
1. Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jurusan ini bisa menjadi salah satu keterampilan yang semakin dibutuhkan tren pekerjaan masa kini. Berbeda dengan dulu, di mana desain, seni, gambar, ilustrasi, fotografi belum menarik perhatian masyarakat.

Namun, hingga beberapa tahun ke depan, pekerjaan di berbagai bidang akan menonjolkan sisi visual yang menarik. Maka dari itu, perusahaan dan institusi pemerintah akan membutuhkan seorang desain grafis atau pekerjaan sejenis yang lulus dari jurusan DKV.

Tidak hanya di perusahaan, bidang ini juga berkembang dalam bidang lain. Lulusan DKV juga dapat bekerja secara freelancer dan menerima sumber income lebih dari satu perusahaan atau dari berbagai klien juga.

2. Arsitektur
Tidak hanya DKV, bidang kesenian lainnya seperti jurusan arsitektur juga akan selalu dicari di masa depan. Terlebih saat ini, arsitektur termasuk dalam salah satu dari beberapa contoh bidang ekonomi kreatif yang dikembangkan di Indonesia.

Kemampuan untuk mendesain dan menciptakan desain rumah yang inovatif, ramah lingkungan dan kreatif juga semakin dibutuhkan mengingat hunian kekinian pada era digital kian digemari.

Selain menjadi arsitek mandiri dengan proyek-proyek yang ditangani, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi konsultan perencana maupun pelaksana.

3. Film dan Animasi
Seolah tak ada matinya, industri hiburan, seperti film dan animasi juga akan selalu berkembang. Hal ini yang membuat lulusan film dan animasi berpotensi selalu dilirik industri.

Dari jurusan Film dan Animasi ini, beberapa profesi yang dihadirkan dan dicari adalah sutradara, actor, produser, animator, illustrator, editor, script writer, dan masih banyak lainnya yang berdinamika bersama menjadi satu tim menghasilkan karya film dan animasi.

4. Perhotelan
Meski sempat mati suri karena pandemi, dunia perhotelan nyatanya bisa bangkit lagi. Hal ini membuktikan bahwa industri ini masih akan potensial di masa depan.

Selama manusia masih perlu hiburan, liburan, dan healing dari rutinitas sehari-hari, bidang perhotelan dan pariwisata akan membutuhkan banyak lulusan dengan skill mumpuni.

Bahkan lulusan jurusan ini juga memiliki https://www.detik.com/tag/jurusan prospek kerja di luar negeri yang terbuka luas. Selain itu, potensi inovasi jurusan perhotelan juga luas.

5. Digital Journalism
Tidak jauh berbeda dengan perhotelan, bidang pekerjaan satu ini juga tidak akan punah selama manusia masih memerlukan informasi.

Bahkan selama pandemi kemarin, industri satu ini menjadi yang paling sibuk dan terus mencari pekerja baru. Informasi tentang covid itu apa, penyebarannya, pencegahan, dan solusi vaksinnya, semua informasi disediakan dan dihadirkan oleh jurnalis di seluruh dunia.

Dalam bidang ini, profesi lulusan digital journalism akan menjadi jurnalis yang mencari fakta terkait sebuah informasi dari bermacam bidang di dunia.

Skill yang dibutuhkan industri bidang Digital Journalism seperti, menulis, desain, editing video, dan mengolah data secara cepat agar bisa memberikan informasi ke masyarakat luas.

Nah itulah lima jurusan di atas terdapat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tertarik?

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengumuman

Pendaftaran PPDB 2024/2025 SMA Negeri 1 Lempuing

Pendaftaran PPDB 2024/2025 SMA Negeri 1 Lempuing

PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 1 LEMPUING TAHUN PELAJARAN 2024/2025 A. SYARAT UMUM Jalur Zonasi Untuk Peserta Didik Tahun Pelajaran 2024/2025 Warga Negara Indonesia (WNI). Sehat Jasmani dan Rohani Berusia tidak lebih dari 21...

Kalender Pendidikan

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Recent Comments